Kim Jeffrey Kurniawan: Persib, Bobotoh, serta Liga 1 Harus Menjiplak Bundesliga

0
4
Kim Jeffrey Kurniawan: Persib, Bobotoh, serta Liga 1 Harus Menjiplak Bundesliga
- Advertisement -
RAJAOLB388

Kim Jeffrey Kurniawan: Persib, Bobotoh, serta Liga 1 Harus Menjiplak Bundesliga Keberhasilan Bundesliga Jerman mengadakan pertandingan ditengah-tengah pandemi COVID-19 jadi referensi pemain tengah Persib Bandung, Kim Kurniawan. Kim Jeffrey Kurniawan: Persib Bobotoh serta Liga 1 Harus Menjiplak Bundesliga Pemain berumur 30 tahun ini mengharap Shopee Liga 1 bisa mengikuti kesuksesan pertandingan itu.

Sama dengan Bundesliga Jerman, yang sudah usai di akhir Juni 2020, Shopee Liga 1 akan meneruskan pertandingan dengan prosedur kesehatan yang ketat serta dengan status tanpa ada pemirsa.

Kim minta semua komponen pendukung Shopee Liga 1, termasuk juga Persib Bandung serta suporternya, Bobotoh, untuk berkaca ke Bundesliga Jerman. Pertandingan yang dimenangi oleh Bayern Munchen pada musim kemarin itu bisa mengadakan kejuaraan secara lancar tanpa ada kendala sebab taat akan prosedur kesehatan.

“Saya kecuali pemain, saya supporter. Saya ketahui perasaan supporter mengenai pertandingan tanpa ada pemirsa. Menurut saya, kita harus penuhi prosedur kesehatan. Kita dapat juga mencontoh Jerman,” kata Kim pada acara Corner Six Liputan6.com, Jumat (4/9/2020).

“Mereka meneruskan pertandingan dengan lumayan baik. Sukses menyelesaikan pertandingan tanpa ada supporter dan tanpa ada kendala. Tidak ada pemain yang positif COVID-19 serta beberapa supporter benar-benar arif serta dewasa dengan tidak tiba ke stadion.”

“Di tempat luar stadion juga supporter tidak ada. Kita saling mempertahankan kesehatan meskipun sepak bola itu penting, tetapi kesehatan masih nomor satu,” sebut pemain kelahiran Muhlacker, Jerman ini, yang masuk dengan Persib Bandung pada 2016 itu.

No Bobotoh No Masalah

Koreo yang diperlihatkan supporter pada pertandingan Persebaya versus Persib di Stadion Sang Jalak Harupat, Soreang (7/3/2019), dalam Piala Presiden 2019. (Bola.com/Aditya Wany)

Kim tahu akan aneh rasa-rasanya bila Persib Bandung tidak dibantu langsung oleh Bobotoh di stadion. Bekas Persema Malang ini menyarankan supporter teamnya supaya mengubah suport lewat monitor kaca.

- Advertisement -
RAJAOLB388

Buat beberapa Bobotoh, kelanjutan Shopee Liga 1 akan disiarkan dengan cara langsung serta privat oleh Indosiar mulai 1 Oktober 2020-28 Februari 2021.

“Pasti, tentu ada yang menyusut tanpa ada kedatangan pemirsa. Ditambah lagi Persib, sangat banyak dibantu oleh Bobotoh. Tiap pertandingan kandang, stadion tetap penuh. Atmosfir laga tentu tidak seperti pertandingan normal,” jelas Kim.

“Tetapi, sebab keadaannya semacam ini, kita merasakan saling. Kita harus menyesuaikan dengan rutinitas baru. Kami siap untuk lakukan segala hal yang dapat kami kerjakan untuk meneruskan pertandingan. Saya pikirkan warga Indonesia telah kangen dengan sepak bola serta dapat menontonnya di tv,” sebut Kim.

- Advertisement -
RAJAOLB388 BCA368 BCAPLAY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here